Tahukah anda? Kota Serang Banten ternyata memiliki kuliner khas yang cita rasanya sangat enak. Hampir semua makanan khas serang di sukai para pelancong, turis dan penduduknya sendiri. Kuliner serang lebih beda dari kuliner lainnya. Dan hampir semua makanan khas serat di olah menjadi aneka sate yang menawarkan cita rasa berbeda-beda. Sumber makanannya pun berasal dari kekayaan alam Banten.

Jika anda berkunjung ke Serang, kalau belum menemukan makanan-makanan enak di Serang rasanya kurang lengkap.

Inilah 7 Kuliner Serang Yang Bikin Lidah Ketagihan

1. Nasi Sumsum Khas Serang


Nasi Sumsum Khas Serang

Di mana lagi anda bisa menemukan nasi bakar dengan menu sumsum tulang yang gurih kalau bukan di Serang. Nasi sumsum serang satu-satunya kuliner asli serang yang hanya dapat anda temukan di kota asalnya. Menikmati nasi panas dengan siraman sumsum tulang kerbau. Di oalah dengan bumbu asli yang di tumbuk untuk memperkuat cita rasa dan meyatukan rasa bumbu dengan nasi dan sumsum tulang. Lebih nikmat lagi di santap dengan menu tambahan seperti sate lidah kerbau atau otak-otak.

 

2. Rabeg Banten


Rabeg Banten

Rabeg salah satu ikon kuliner Serang yang menawarkan kenikmatan daging dan jeroan kambing yang bercita rasa gurih manis dengan aroma segarnya serai dan daun jeruk serta di perkuat dengan rempah pala, cengkeh dan kayu manis yang membuat rasanya lebih beda dan makin otentik khas serang.

 

3. Nasi Uduk Serang


Nasi Uduk Serang

Nasi uduk bisa di jumpai hampir di semua kota. Namun, nasi uduk khas serang sedikit berbeda rasanya. Kunci rasanya terdapat pada aroma khas rempah asli serang. Satu porsi nasi uduk serang terdiri dari nasi uduk, tempe goreng, bakwan, sayur tempe, dan ambal telur pedas.

Klik di sini untuk : Resep Nasi Uduk

4. Nasi Belut


Nasi Belut

Belut adalah hasil ternak yang paling banyak di budidayakan oleh masyarakatnya. Sehingga tidak heran kalau banyak makanan serang menggunakan belut sebagai lauk utama. Salah satunya adalah nasi belut yang menawarkan belut goreng yang kering yang di balut dengan bumbu rempah khas serang. Cara pengolahannya adalah di keprek, dan inilah yang membuat tulang belut lebih empuk.

 

5. Pecak Bandeng


Pecak Bandeng

Kekayaan hasil ternak ikan air tawar, membuat serang lebih mudah mendapatkan pasokan ikan. Salah satunya adalah ikan bandeng. Di Serang ikan Bandeng menjadi olahan yang nikmat, namanya Pecak Bandeng. Terbuat dari bandeng segar yang di bakar dengan bumbu rempah, lalu di campur dengan sambal. Di nikmati dengan nasi panas dan lalapan segar, pokoknya mak nyus sekali!!

6. Ketan Bintul


ketan Bintul

Salah satu kue khas tradisional Serang adalah Ketan Bintul. Kuliner yang terbuat dari ketan yang di kukus dengan bungkus daun pisang. Memiliki aroma yang sedap. Cara menikmatinya adalah dengan di taburi bumbu erundeng yang manis gurih. Makin enak di makan sembari ngopi atau nge-teh di pagi hari.

 

7. Sate Bandeng Serang


Sate Bandeng Serang

Tidak hanya Madura saja yang punya sate. Serang juga mempunyai sate khas yang berbeda. Pasalnya, sate khas serang terbuat dari daging ikan bandeng bukan daging sapi. Dan yang uniknya lagi, menikmati sate bandeng tidak perlu menyiram sambal atau bumbu kacang. Daging bandeng sudah enak dan berasa, ini karena bumbu dan rempah-rempah sudah di campurkan ke daging bandeng tanpa duri.


Oleh : setya1 pada Kamis, 24 Maret 2016 09:47